Tips Insomnia: Pola Makan Menjadi Kunci Utama akan Kesulitan untuk Tidur

Semakin bertambahnya usia, tekanan-tekanan dalam hidup seseorang tidak terpungkiri lagi dan memungkinkan untuk terus bertambah. Permasalahan-permasalahan seperti finansial, pekerjaan, sosial dan sebagainya kerap menjadi beban yang dimiliki pada umumnya. Inilah yang dapat menyebabkan seseorang memiliki kesulitan dalam tidur di malam hari atau sering disebut insomnia. Jika sudah dalam tahap ini, tips insomnia dan pola makan sangat perlu untuk ditekuni, karena akan sulit untuk mengembalikan porsi tidur yang seharusnya sehingga menyebabkan kurangnya istirahat dan akan mempengaruhi produktivitas di keesokan harinya.

Untuk menanggulangi hal tersebut, berikut beberapa tips insomnia dan pola makan yang dianjurkan untuk dilakukan:

  • Mengatur Jam Makan

Perut yang penuh akan menyebabkan seseorang mengalami kesulitan tidur. Sehingga sangat dianjurkan jika memakan makanan berat agar dilakukan maksimal 2 jam sebelum waktu tidur di malam hari.

  • Kurangi Minuman Berkafein

Kandungan kafein dapat mencegah rasa kantuk yang seharusnya datang pada jam normal tidur seseorang. Itulah mengapa konsumsi kafein yang berlebihan tentu juga akan memberikan efek terjaga yang juga lebih besar.

  • Konsumsi Kiwi

Kiwi merupakan buah yang terpercaya memiliki kandungan melatonin yang cukup banyak. Dimana senyawa ini diyakini dapat membuat seseorang lebih cepat merasakan kantuk.

  • Minum Susu sebelum Tidur

Susu sapi terbukti memiliki kandungan magnesium yang juga diyakini dapat membuat pikiran serta tubuh menjadi lebih rileks dan lebih santai. Dalam keadaan tubuh seperti ini, akan lebih mudah seseorang untuk merasakan kantuk dan dapat tertidur lebih cepat.

Tips insomnia dan pola makan diatas memang sangat perlu untuk dilakukan guna mengembalikan waktu istirahat yang cukup. Karena efek samping dari insomnia selain kurang maksimalnya dalam beraktivitas, seseorang juga dapat terserang rasa panik yang berlebihan, musdah stres, serta penyakit-penyakit lain yang tentunya juga akan mudah menyerang. Langkah diatas akan lebih maksimal jika diimbangi dengan olahraga yang teratur, pengurangan penggunaan gadget sebelum tidur, rutin bermeditasi. Sehingga dapat memberikan efek tubuh lebih sehat di siang hari dan tidur berkualitas di malam hari.

Author: sivihjbt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *