Teori Tersembunyi Dibalik Lagu BTS – Black Swan

Siapa yang tidak tahu BTS, boyband asal Korea Selatan yang kini namanya sudah mendunia. Bahkan sebagian besar anak muda Indonesia juga mengidolakannya. BTS baru-baru ini comeback dengan album barunya yang bertajuk map of the soul. Untuk membuka era yang baru ini, BTS merilis single pembukanya yaitu BTS – Black Swan. Lagu ini pernah ditampilkan di The Late Late Show with Jmaes Corden.

Beberapa Teori Lagu BTS – Black Swan

Tetapi, dibalik vokal, dance, serta rap yang terlihat memukau, lagu ini ternyata sarat akan makna dan juga teori yang tersembunyi. Berikut ini adalah beberapa teori tersembunyi dibalik lagu BTS – Black Swan.

  1. Lagu ini bercerita tentang kegelisahan para member BTS

Berbeda dengan album sebelumnya, MOTS: Persona, yang bercerita mengenai perasaan BTS kepada para ARMY “sebutan untuk fans BTS”, album kali ini lebih fokus ke diri masing-masing dari member BTS. Hal ini tergambar pada lirik lagu BTS – Black Swan dan comebacknya trailer Shadow dan Ego.

Di lagu ini, BTS mengungkapkan kesulitan serta kecemasan yang dihadapi oleh setiap member dari BTS, yaitu Persona, Shadow, dan juga Ego. Namun, sebelum membahas lebih lanjut terkit teori tersembunyi di lagu Black Swan, mari terlebih dulu mengenal istilah masing-masing:

  • Persona : yaitu diri seseorang yang ditunjukkan di depan umum atau publik
  • Shadow : yaitu sisi buruk dari setiap orang yang ingin mereka kubur dalam-dalam, seperti ketakutan, masa lalu, dan kekhawatiran
  • Ego : yaitu bagian kesadaran dalam diri yang menerima semua sisi baik maupun buruk secara utuh
  1. Lagu ini menunjukkan kekhawatiran member BTS akan kehilangan passion

Art dari film Black Swandibuka dengan quotes dari Martha Graham, yaitu seorang penari modern dan juga koreografer yang berasal dari Amerika Serikat. “Seorang penari mati dua kali – satu ketika mereka berhenti menari, dan kematian pertama itulah yang lebih menyakitkan,”. Kalimat itulah yang menggambarkan keseluruhan cerita dari BTS – Black Swan.

Adapun lirik lagu ini yang menggambarkan kekhawatiran seluruh anggota BTS tentang ketakutan mereka jika suatu saat nanti mereka kehilangan passion di dunia musik. Itulah “kematian pertama” yang disebutkan pada lirik Black Swan. BTS ingin menyampaikan bahwa kehilangan sebuah passion merupakan hal yang lebih menyakitkan daripada kematian yang sebenarnya.

  1. BTS dengan sisi Shadow yang dimilikinya

Jika kalian sudah menonton Art Film dari lagu ini, kalian pasti akan mengetahui bahwa tarian yang dilakukan oleh para dancer memiliki makna tersembunyi. Pada bagian awal, kalian bisa melihat ada satu dancer yang tidak menggunakan baju dan enam dancer lainnya menggunakan baju serba hitam.

Dancer yang tidak memakai baju merupakan cerminan dari diri BTS. Sedangkan enam dancer lainnya merupakan gambaran dari sisi shadow dalam diri BTS.

Gerakan dancer yang utama terlihat sangat dikontrol oleh para shadow. Hal ini tampak pula ia berusaha untuk melepaskan diri serta melawan. Tetapi upaya tersebut gagal, sebab ia terus diseret ke dalam cahaya yang terlihat seperti sebuah penjara.

Itulah beberapa teori tersembunyi dibalik lagu BTS – Black Swan yang sarat akan makna. Bagaimana, lumayan menguras pikiran bukan? Seperti yang kita ketahui, Kpop selalu dituntut untuk menjadi orang-orang yang sempurna. Banyak sekali peraturan yang wajib mereka taati. Barangkali lagu ini merupakan suatu jeritan hati yang ingin mereka sampaikan. Namun, sebagai pendengar, kita hanya bisa berasumsi dan juga mengapresiasi setiap karya yang mereka sajikan. Jangan lupa download lagunya di metrolagu.

Author: sivihjbt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *