Mengenal 4 Jenis Insomnia dan Cara Mengatasinya

Tidur merupakan salah satu aktifitas penting yang seharusnya dilakukan setiap hari karena dapat membantu memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak dan mengembalikan stamina agar kembali pulih. Namun, sayangnya tak semua orang bisa tidur dengan nyenyak setiap harinya.

Gangguan tidur memang seringkali menjangkiti beberapa orang. Padahal kurangnya tidur bisa memiliki efek berantai seperti misalnya turunnya daya tahan tubuh, konsentrasi yang melemah hingga menurunkan fungsi organ tubuh.  Makanya jangan heran jika orang rela membayar mahal untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat tidur. Dalam dunia medis sendiri insomnia dibagi menjadi 4 jenis yakni:

Insomnia Primer, Ini adalah sebutan untuk orang yang menderita insomnia yang bukan disebabkan oleh gangguan kesehatan lain.

Insomnia Sekunder, Insomnia ini biasanya terjadi karena masih adanya korelasi dengan gangguan kesehatan lainnya.

Insomnia akut, ini yang biasa terjadi pada setiap orang dimana biasanya muncul karena gugup dan cemas yang berlebihan seperti misalnya sebelum ujian. biasanya durasi insomnia ini hanya dalam jangka pendek.

Insomnia kronis, Ciri utama dari insomnia ini adalah telah mengalami gangguan tidur dalam waktu yang cukup panjang, biasanya bisa hingga berbulan-bulan. Hal ini terjadi karena kondisi psikologi yang kurang baik.

Secara umum, cemas dan stress menjadi penyebab terbesar dari insomnia, oleh karena itu anda perlu mengenali penyebab dan jenis insomnia apa yang sedang anda alami. Obat tidur mungkin bisa membuat anda terlelap namun efek yang dirasakan tentu berbeda dengan tidur secara alami. Oleh karena itu tak ada salahnya untuk mencoba beragam alternatif agar bisa terlelap

  1. Tidur ketika lelah

Jangan pernah memaksakan kondisi tubuh anda, tidurlah ketika anda merasa lelah. berbaring saat lelah bisa membuat anda terlelap dengan lebih cepat. Hindari membawa beragam peralatan ke tempat tidur karena hanya akan membuat anda kembali fokus dan susah tidur

  1. Buat jam tidur yang teratur

Anda harus melatih tubuh anda agar lebih terbiasa untuk tidur lelap, caranya lakukan hal yang sama secara berulang sama halnya seperti anak kecil yang mana harus tidur jam 9 malam dan bangun jan 5 pagi. Secara alami tubuh anda akan terbiasa untuk melakukan hal itu dan terhindar dari insomnia.

  1. Rajin Berolahraga

Olahraga bisa membuat tubuh melepaskan banyak hormon kortisol, hormon inilah yang bisa menjadi penganggu pola tidur anda. lakukan olahraga sederhana seperti berjalan atau peregangan sendi, ini berguna untuk memperlancar peredaran darah.

Author: sivihjbt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *