Batuk Darah, Ciri – Ciri yang Menjadi Pertanda Dari Penyakit Tertentu

Batuk Darah, Ciri – Ciri yang Menjadi Pertanda Dari Penyakit Tertentu

Hemoptisis (batuk darah) adalah ketika Anda batuk dan mengeluarkan darah. Hal ini bisa menjadi tanda kondisi medis yang serius. Infeksi, kanker, dan masalah pada pembuluh darah di paru-paru Anda dapat menjadi penyebabnya. Kecuali Anda menderita bronkitis, Anda harus ke dokter jika Anda batuk darah. Batuk darah bisa mengkhawatirkan, tetapi biasanya tidak menandakan masalah serius jika Anda masih muda dan sehat. Kondisi ini lebih memprihatinkan pada orang tua, terutama mereka yang merokok.

Anda mungkin batuk sedikit dengan darah merah terang, atau dahak berlumuran darah berbusa (dahak). Darah biasanya dari paru-paru Anda dan seringkali merupakan hasil dari batuk yang berkepanjangan atau infeksi dada. Jika darahnya gelap dan mengandung sedikit makanan atau yang terlihat seperti ampas kopi, itu mungkin berasal dari sistem pencernaan Anda. Hal ini adalah masalah yang lebih serius dan Anda harus segera pergi ke rumah sakit.

Beberapa Penyakit Berbahaya Dengan Ciri – Ciri Batuk Darah :

1. Kanker Paru – Paru

            Penyebab umum dari kanker paru – paru adalah kebiasan merokok bagi perokok aktif yang sudah melampaui batas. Di sisi lain, perokok pasif juga memiliki faktor resiko yang sama. Tumor yang terbentuk yaitu karena kondisi sel – sel pada jaringan paru – paru terus menerus berkembang secara cepat. Ciri – ciri batuk darah ini menjadi pertanda saat kanker sudah menyebar dan menjadi stadium lanjut. Gejala lain yang mungkin terjadi seperti : sakit kepala, dada terasa sakit saat bernafas, sesak nafas terus menerus, badan terasa lelah, penurunan berat badan yang ekstrim.

2. Paru – Paru Basah (Pneumonia)

            Gejala umum yang muncul bagi penderita batuk darah adalah demam, menggigil, susah bernafas, sakit pada bagian dada, batuk terus menerus disertai dahak dan darah, turunnya nafsu makan serta kecepatan denyut jantung meningkat. Penyakit paru – paru basah merupakan penyakit yang terjadi karena adanya ciri – ciri batuk darah. Penyakit ini menyebabkan inflamasi di kantung – kantung udara pada salah satu dan kedua paru – paru. Katung – kantung tersebut menjadi bengkak serta penuh dengan cairan.

3. Tuberculosis

            Penyakit selanjutnya yang diawali dengan gejala batuk darah adalah Tuberculosis (TBC). Penyakit ini termasuk penyakit menular. Penyebabnya adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bagaimana cara penularannya ? Ketika penderita batuk disertai dengan darah, cairan inilah yang menjadi perantara penularan penyakit TBC. Bakteri yang ada di cairan tersebut menular melalui udara. Seseorang yang menderita penyakit TBC bisa juga disertai dengan gejala lain yaitu demam, berkeringat di malam hari, turunnya berat badan secara drastis, kelelahan dan batuk selama lebih dari 3 minggu. 

4. Bronkitis Akut

            Batuk darah menjadi gejala dari penyakit bronkitis akut. Adanya infeksi virus dan bakteri menyebabkan peradangan di saluran udara. Adanya dahak pada darah membuat pembuluh darah di sekitar bronkus (cabang batang tenggorokan) pecah. Gejalanya yang juga timbul seperti menggigil, susah bernafas, demam dan batuk terus menerus. Mengalami flu yang tidak kunjung sembuh setelah sekitar 4 hari pilek adalah gejala lain yang mungkin terjadi.

5. Gagal Jantung Kongestif

            Penyakit ini berupa jantung yang tidak mampu memompa darah. Dengan kata lain, jantung tidak mampu menyalurkan darah yang dibutuhkan tubuh. Gejala awal dari penyakit ini tidak terlalu nampak tetapi terus terlihat dan dialami oleh pengidapnya. Gejala yang akan muncul seiring berjalannya waktu seperti sesak nafas dikarenakan cairan memenuhi paru – paru, paru – paru bengkak yang menyebabkan batuk berdarah dan ketidakteraturan denyut jantung.

            Itulah 5 penyakit yang terjadi karena dengan gejala dan ciri – ciri batuk darah. Jika anda mengalami batuk darah, apalagi secara terus menerus, sebaiknya segeralah konsultasi pada dokter. Hal ini untuk mendeteksi gejala yang terjadi untuk mengetahui penyakit apa yang Anda alami. Dengan begitu, pengobatan bisa segera dilakukan dan penyakit tersebut bisa segera sembuh.

Sumber :

www.hellosehat.com

www.aafp.org

www.mayoclinic.org

Author: sivihjbt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *